Tips merawat sepatu

sepatu
Umumnya sepatu merupakan benda yang awam digunakan kita sehari-hari apalagi dengan makhluk yang namanya “cewek”, karena benda ini merupakan kebutuhan yang sering diburu untuk mendapatkan kepuasan tersendiri . Entah bentuknya, warnanya, mereknya atau kualitasnya membuat benda ini selalu diburu. Jangan hanya sekedar minat membeli saja tapi perlu juga dijaga keawetannya. Berikut ini ada beberapa tips untuk merwat berbagai sepatu agar terjaga keawetannya :
* Hindari menjemur sepatu langsung di bawah terik matahari.
* Jika sepatu terbuat dari bahan kulit, simpanlah di tempat yang kering dan tidak lembab. Kalau tidak, kulit sepatu akan mudah rusak dan berjamur.
* Jangan mengelap sepatu kulit dengan menggunakan air. Gunakan pembersih khusus untuk membersihkannya.
* Untuk sepatu kulit, jangan lupa mengolesi moisturizer sebelum menyimpan sepatumu. Pelembab juga sangat dibutuhkan sepatu agar kulitnya tidak kering dan mengelupas. Jika tidak menemukan pelembab khusus, kamu bisa menggunakan body lotion.
* Angin-anginkan sepatu agar tidak berjamur.
* Untuk sepatu dari bahan suede, bersihkan dengan cara menyikat dengan sikat khusus yang lembut.
* Untuk sepatu berbahan kanvas, pastikan kamu mencucinya dengan deterjen dan membilasnya dengan air yamg bersih sampai sepatu tak meninggalkan gelembung-gelembung sabun.
* Agar sepatumu tidak berubah bentuk, gunakan pengganjal yang biasanya disertakan saat membeli sepatu. Kalau tidak, gunakan potongan kertas Koran yang ada untuk mengisi ujung bagian dalam sepatu.
* Letakkan sepatu di rak terbuka dan bersihkan secara berkala.
* Khusus untuk sepatu berwarna putih, bersihkan dengan menggunakan pasta gigi agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet.
* Agar tidak berbau, jangan memakai sepatu dalam kondisi kaki yang basah, karena hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu berbau tidak sedap.
* Simpan sepatu di dalam kotak yang sudah diberi beberapa silica gel. Silica gel ini membantu mengurangi kadar air, menjaga kelembabannya, dan menjauhkan serangga.

sumber diambil dari : majalah GADIS No. 29. XXXVII. 2 – 11 November 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s