Cara alami mencegah kanker payudara

Sebagai wanita, kita ingin memiliki tubuh yang sehat, termasuk payudara. Salah satu penyakit yang ditakuti kaum Hawa adalah kanker payudara. Penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja, karena itu, Anda harus melakukan pencegahan dan perlindungan diri. Beberapa makanan alami ini dapat mencegah kanker payudara, dilansir Huffingtonpost.

·         Brokoli

Jangan bosan melihat brokoli ada di dalam daftar sehat. Faktanya, brokoli adalah salah satu anti kanker yang sangat hebat. Salah satu bahan alami dalam brokoli yang dapat melawat kanker dan tumor adalah sulforaphane. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sulforaphane dapat menekan enzim yang disebut HDAC.

·         Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan yang dapat melawan kanker, berdasarkan laporanNational Cancer Institute. Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis menemukan bahwa wanita yang teratur mengonsumsi bawang putih akan menurunkan risiko terkena kanker payudara.

·         Pome Atau Delima

Sering mendengar buah pome? Pome adalah istilah keren dari buah delima. Si merah ini juga merupakan anti kanker. Tingginya antioksidan yang disebut polyphenols dalam buah pome berfungsi sebagai anti peradangan. Selain itu, pome mengandung phytochemical, zat yang dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.

·         Kacang Kenari

Walaupun penelitian yang dilakukan masih awal, tetapi hasil yang ditunjukkan pada tikus percobaan menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi kacang kenari setiap hari akan menurunkan risiko kanker payudara hingga 50 persen.

·         Kunyit

Bersyukurlah kita, Indonesia memproduksi kunyit dalam jumlah yang melimpah. Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin (kurkumin). Senyawa tersebut memainkan peran dalam menghambat molekul yang disebut RANKL, yaitu molekul yang ditemukan dalam sel-sel tumor kanker payudara yang mematikan dan sangat agresif.

·         Berry

Strawberry, blueberry, raspberry, blackberry memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat powerful, terutama anthocyanin dan asam ellagic. Kedua zat tersebut dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel yang sehat, berdasarkan penelitian dalam American Institute for Cancer Research. Dalam penelitian lain, berry memperlihatkan hasil untuk memperlambat pertumbuhan kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker prostat.

·         Teh Hijau

Green tea atau teh hijau masih menunjukkan kekuatannya sebagai minuman sehat. Teh hijau kaya akan polifenol EGCG (epigallocatechin-3-gallate), yang telah terbukti memperlambat penyebaran sel kanker payudara, berdasarkan laporan dalam breastcancer.org.

·         Tomat

Si merah segar dengan rasa agak asam ini kaya akan antioksidan yang disebut lycopene. Zat tersebut dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Lakukan pencegahan sejak dini. Mulai konsumsi makanan sehat mulai dari sekarang!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s