Pesawat telat ? kita tidak rugi lagi !

Delay = Rugi

Indonesia punya catatan buruk mengenai pengelolaan transportasi udara. Ini terlihat dari seringnya mundur jadwal penerbangan. Jelas saja, bukan hanya mencoreng nama maskapai, tetapi juga merugikan banyak pihak, terutama penumpang. Durasi delay-nya pun tidak bisa dibilang sebentar. Kalau hanya sekali – kali, mungkin keterlambatan masih bisa dimaklumi. Tetapi kalau sudah menjadi kebiasaan akhirnya membuat kacau dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Seringnya pesawat telat (delay procedure) biasanya karena gangguan cuaca (force majeure) yang memang diluar kendali manusia. Selain itu bisa juga karena masalah teknis seperti kerusakan pesawat atau persoalan kurangnya kru maskapai. Apapun itu, seharusnya pihak – pihak terkait harus lebih serius lagi mengatasi keterlambatan pesawat.

 

Kompensasi & Denda  

Sering delay pesawat akhirnya mendesak pemerintah membuat peraturan baru. Ganti rugi makanan/minuman nyatanya belum cukup menutupi kekecewaan penumpang. Dalam peraturan yang baru, maskapai wajib ganti rugi Rp 300.000/penumpang kalau pesawat batal atau terlambat terbang lebih dari 4 jam. Bagasi hilang juga wajib diganti Rp 200.000 per kilogram, maksimal Rp 4 juta. Sementara kalau kargo rusak diganti rugi Rp 50.000/kilogram. Kehilangan barang ada syaratnya, jika barang tidak ditemui hingga 14 hari baru akan diganti pihak maskapai. Selama masa tunggu itu, penumpang dapat ganti rugi Rp 200.000/hari, batas maksimal 3 hari. Semua aturan ini terdapat di Peraturan menteri Perhubungan Pasal 9 Undang-Undang No. 77 Tahun 2011 Kementrian Perhubungan RI tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara yang disahkan 8 Agustus 2011.

Awalnya peraturan ini berlaku November 2011. Akhirnya ditunda sampai 31 Desember 2011 dan mulai berlaku 1 Januari 2012. Penerapannya ditunda sampai pihak maskapai (Badan Usaha Angkutan Udara) dan asuransi benar-benar siap. Pihak maskapi memang harus berhati –  hati dan sebisa mungkin menghindari keterlambatan. Kalau pesawat mereka sering telat, akan banyak sekali kerugian yang harus dibayar ke calon penumpang.kita berharap dengan adanya aturan ini tidak ada lagi pesawat sering telat dan lama. Tentunya kita tidak mau waktu yang berharga terbuang sia – sia. Semua pihak menjadi disiplin dan tertib, supaya semua menjadi lancar terkendali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s