Suntik putih menggunakan Gluthation, “amankah?”

Glutathione dikenal sebagai antioksidan yang ada di hati. Sebagai antioksidan, glutathione berfungsi untuk melawan radikal bebas yang merusak sel. Sebenarnya obat ini sangat berguna untuk mengobati beberapa penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson. Tetapi beberapa negara di Asia menggunakann glutathione ini untuk memutihkan kulit.

Memutihkan kulit adalah salah satu efek samping dari glutathione karena glutathione mencegah produksi pigmen melanin. Salah satu fungsi pigmen ini adalah untuk memberikan warna untuk kulit.

Salah satu rumah sakit di Bangkok meneliti penggunaan glutathione secara oral atau diminum selama 4 minggu dibandingkan dengan meminum plasebo. Penelitian ini melibatkan 60 orang. Ternyata obat ini dapat memutihkan kulit pada sebagian kecil orang saja (6 orang) yang meminum glutathione.

Bagaimanapun penggunaan glutathione, dalam jangka panjang belum terbukti keamanannya dan membutuhkan penelitian yang lebih besar. Untuk penggunaannya sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter spesialis kulit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s